Sabtu, 17 Oktober 2009

Nikmati Tester Dulu, Baru Beli

Cara menarik dilakukan gerai oleh-oleh khas Malang Bu Nur di Jalan Ciliwung II/2 Malang. Bagi konsumen yang hendak membeli, sebelum menentukan pilihan makanan mana yang hendak dibeli, disediakan tester (contoh) untuk dinikmati pengunjung. "Agar konsumen tidak kecewa dan langsung menentukan pilihannya," papar Ny Siti Juariah, yang biasa disapa Bu Nur, pemilik gerai oleh-oleh khas Malang Bu Nur.
Usaha yang sudah digeluti sejak 12 tahun lalu itu, menyediakan beragam tester. Jumlahnya disesuaikan dengan makanan yang dipajang. Tester itu, diambil dari masing-masing sebelum dikemas. "Kami jamin konsumen tidak akan kecewa. Rasa makanan untuk tester pasti sama dengan yang sudah dikemas," ujarnya.
Dengan pola itulah, konsumen menjadi lebih mudah untuk menentukan makanan yang hendak dibeli. Dan langsung bisa njujug tempat makanan yang hendak dibelinya dengan beragam jenis dan rasa yang tersedia. Makanan yang tersedia disini lebih dari 30 jenis oleh-oleh khas Malang. Mulai dari jenis kripik tempe, kripik buah, kripik singkong, kripik sayur-sayuran, jenang dan sebagainya. Semuanya diolah sendiri. Bukan produk orang lain kemudian ditempeli label Bu Nur. "Oleh-oleh di sini, memang produk tradisional. Tetapi, rasa internasional," kelakar Bu Nur.
Karena komitmen itulah, Bu Nur mengakui jika konsumennya bukan saja dari masyarakat Malang atau luar Malang. Tetapi banyak juga para turis asing. Seperti dari Cina, Inggris, Belanda, Jepang, Amerika dan turis negara-negara lain.
Meski digemari orang asing, tetapi harga jual relatif murah. Untuk kripik tempe dengan ukuran berat 200 gram, rasa original Rp 5 ribu; rasa pedas Rp 5 ribu, rasa ayam bawang Rp 5.900; rasa udang Rp 6.200. Sedangkan yang rasa keju, barbeque, balado, pizza, burger spaghetti rp 6.400. Demikian juga keripik buah harganya variatif. Disesuaikan dengan harga pasaran buahnya sebelum diproses menjadi keripik. Yang paling mahal adalah keripik buah klengkeng. Untuk ukuran 100 gram harganya Rp 17.500. Keripik buah yang lain seperti mangga 200 gram Rp 20 ribu, semangka 200 gram Rp 16 ribu, apel 150 gram Rp 13 ribu dan 100 gram Rp 7.500. Keripik buah rasa yang lainnya berkisar antara harga tersebut. (taf/adv)
(MALANG POST, Jumat 9 desember 2005)