Senin, 19 Oktober 2009

Keripik Buah Naga ala Bu Noer

KERIPIK BUAH - Keripik buah, sajian khas yang banyak diminati masyarakat
Melengkapi pilihan buah tangan dalam rangka silaturahmi kepada kerabat dan sanak saudara, Pusat Oleh-oleh Khas Malang, Keripik Tempe Bu Noer menyediakan pilihan baru lagi, keripik buah naga. Keripik berbahan dasar tanaman kesehatan ini siap menjadi pilihan dalam melengkapi kiriman parsel lebaran.
Meski dalam pengolahannya lebih sulit, keripik buah naga ini memiliki rasa yang khas juga. "Rasanya lebih manis daripada buahnya," terang pemilik usaha Keripik Tempe Bu Noer, Lukman Zaini yang mengaku dirinya sebelumnya ber eksperimen hingga akhirnya bisa mendapatkan bentuk dan rasa yang pas.
Untuk keripik buah naga ini, Lukman sengaja tidak mencampurkan rasa-rasa lain. "Jadi rasanya asli dari buah naga itu sendiri," tambahnya.
Bentuknya pun harus disesuaikan agar bisa dinikmati lebih enak. Irisan kecil menjadi pilihan Lukman dalam menyajikannya. Karena buah naga termasuk bahan baku yang masih sulit didapatkan, maka harga keripik buah naga juga masih tinggi. Bisa mencapai Rp 17 ribu per kantong dengan berat 50 gram. Untuk saat ini, ia masih memesan buah naga sebagai bahan baku di sebuah toko buah langganannya.
Untuk melengkapi inovasi terbarunya, Lukman juga membuat keripik buah pepino dan keripik buah peer. Menurutnya, keipik buah merupakan sajian unik yang banyak diminati oleh masyarakat.
Lebih lanjut ia mengatakan bahwa meski lebaran, dirinya tidak menaikkan harga barang karena meski harga bahan baku naik, minat beli masyarakat turun. Karena itu Lukman menyiasati dengan perimbangan. "Maksudnya, kami keluarkan produk-produk baru, agar bisa saling mengisi," jelas pria asli Malang ini mantap. (lan-KP)
(KORAN PENDIDIKAN - edisi 176 / IV / 25 september - 1 oktober 2007)