Kamis, 17 September 2009

Keripik Tempe Bu Noer - Produk Lokal, Cita Rasa Internasional

Untuk menikmati keripik tempe khas Malang, siapapun dipastikan akan semakin banyak pilihan. Pasalnya, produsen keripik tempe seperti Keripik Tempe Bu Noer telah memproduksi keripik tempe beraneka rasa.
Menurut owner keripik Bu Noer M. Lukman Zaini Kurniawan, SE. saat ini pihaknya telah memiliki produk keripik tempe 15 rasa.
"Semua rasa dibuat dari seasoning yang biasa dipakai untuk penganan snack seperti ciki-ciki atau pop corn. Ini kita lakukan agar terdapat beragam cita rasa tempeyang marketable dengan produk internasional," jelasnya menguraikan.
Dengan aneka rasa semacam itu, diakui Lukman sapaan akrabnya konsumen justru sangat tertarik dengan inovasinya tersebut. Karena, sejak tahun 90-an dirinya sudah merintis keripik tempenya diberi seasoning dan bumbunya tersebut diimpor dari luar negeri.
Keripik tempe beragam cita rasa pun menjadi popular di Malang. Sehingga tidak heran, kalau produsen lain banyak yang meniru inovasi Lukman.
"Saya justru senang produk kita ditiru orang lain, karena itu justru mempercepat terkenalnya kita juga," tandasnya.
Kelima belas rasa keripik tempe yang dimiliki antara lain adalah keripik tempe rasa keju, ayam bawang, pedas, barbeque, udang, balado, pizza, burger serta spaghetti, juga rasa sweet roasted corn, chocolate roasted corn, hot roasted corn, kebab dan seaweed.
"Dengan aneka rasa tersebut, per hari kita bisa dapatkan omzet sampai Rp 3 hingga 4 juta." jelas Lukman.
Selain keripik tempe, Lukman juga menyediakan produk keripik dari buah-buahan maupun hasil bumi Malang. Antara lain, Keripik kentang juga dengan rasa beraneka sampai 12 rasa, keripik singkong (rasa manis, coklat, durian maupun strawberry) keripik talas, marning jagung, bentul, buah atau pisang, keripik bengkoang dan labu.
Untuk pemesanan, sampai saat ini pusat produk keripik Bu Noer telah mencapai nusantara. Setiap minggu bisa mencapai seluruh pelosok negeri bahkan internasional.
Khusus untuk dalam negeri pesanan datang datang dari Bandung, Banjarmasin serta kota lainnya. Untuk warga Malang yang ingin memesan dalam jumlah besar juga bisa langsung datang ke pusat keripik Bu Noer jl. Ciliwung II/2 Malang, telp.0341-470108. (zain-kp)
(Koran Pendidikan, edisi 135/senin II/11-17 Desember 2006)